Selasa, 26 Mei 2015

PASTEL ABON imut-imut...

Assalamu'alaikum....


Saya mencoba membuat pastel abon imut ini sudah cukup lama, idenya tentu saja karena punya abon yang diberi Mbah dari Magetan. Mikir-mikir mau dimanfaatkan buat olahan apa, dan saya jatuh hari pada resep pastel abon ini.

Pastel ini saya buat manual banget karena tidak punya roller untuk memipihkan atau grinder untuk memotong pinggirnya. Jadilah saya pipihkan ditelapak tangan, dan memotongnya pakai pisau.

Resep pastel ini saya ambil dari grup fb Dapur Sehat Ibu (lupa resep siapa, link juga menyusul y). Rasanya renyah dan gurih, ada rasa manis dari abonnya. Saya buat kecil2, kurang lebih seukuran 2jari. Langsung ke resep saja ya....


PASTEL ABON
Bahan:
- 500 gr tepung terigu
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt soda kue (saya gunakan baking powder)
- 5 sdm air (secukupnya)
- 200 gr margarin
- 4 butir telur ayam
- minyak untuk menggoreng
- abon ayam/sapi untuk isi

Cara membuat:
1. Campur tepung terigu, garam dan baking powder
2. Tambahkan air dan margarin hingga adonan berbulir
3. Tambahkan telur kocok satu persatu hingga kalis
4. Cetak dengan mengambil sedikit adonan, pipihkan, isi dengan abon, tutup dengan melipat jadi dua, tekan pinggirnya, rapikan dengan memotong. Lakukan hingga adonan habis
5. Goreng dalam minyak panas, api sedang hingga kecoklatan
6. Pasten abon siap dinikmati

Selamat mencoba...

Wassalamu'alaikum





Tidak ada komentar:

Posting Komentar