Kamis, 21 Mei 2015

DONAT tanpa TELUR....so simple....:)

Assalamu'alaikum.....

Alhamdulillah diberi waktu dan semangat untuk share resep lagi. Saat ini saya share resep donat yang sangat simpel, saya sebut donat malas karena cara membuatnya mudah, hanya diuleni pakai tangan tanpa harus mengelurakan banyak tenaga, saya sebut peliiit karena bahannya mudah dicari dan murah, tanpa telur, tanpa kentang ataupun umbi yang lain.

Tekstur dari kue ini garing diluar tapi tapi lembut di bagian dalamnya. Dari beberapa kali mencoba kue donat, resep inilah yang paling mudah dan murah. Resepnya saya ambil dari grup Dapur Sehat Ibu, link resep belum bisa saya tampilkan, saya cari belum ketemu, waktu itu saya catat resep dibuku, saya catatkan kembali resepnya ya...


DONAT EGGLESS

Bahan:
- 250 gt tepung terigu
- 1 sdt fermipan
- 1 sdm mentega
- 4 sdm gula
- sedikit garam
- 150 ml air matang ( saya biasanya hanya 100-125ml)
- minyak goreng
- gula kastor/meses untuk topping

Cara membuat:
1. campur tepung terigu, fermipan, mentega, gula dan galam hingga tercampur
2. tambahkan air, diuleni hingga kalis (agak lengket ditangan)
3. diamkan adonan 30 menit dalam wadah ditutup serbet bersih, suhu ruang
4. adonan mengembang, kempiskan, bentuk bulat pipih dan diberi lubang tengah
5. goreng pada minyak banyak dan panas, api sedang , hingga.kecoklatan
6. tiriskan hingga agak dingin
7. beri topping sesuai selera, gula kastor (gula pasir dihaluskan, meses, atau yang lain

mudah dan simpel banget kan?

selamat mencoba

wassalamu'alaikum,,,,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar