Senin, 11 Mei 2015

AYAM GORENG MENTEGA,....nikmati saja gurihnya....

Assalamu'alaikum...

Akhir-akhir ini semangat belajat buat kue lagi menurun, pertama karena Ataya lagi suka roti tawar panggang topping susu cukat dan meses, kedua sedang membiasakan ayah makan buah, lha kalo saya coba bikin kue siapa yang makan?^^.

Saya ingin sekali mencoba resep2 masakan agar menu hariannya lebih bervariasi, tapi kadang bingung mau ngolah apa. Ayah sudah pesan kalau nggak makan ayam atau daging karena dikantor sering dapat menu ayam dan daging. Ataya seperti ayahnya, lebih suka makanan yang simpel, digoreng pake tepung.

Kemaren saya membeli ayam, rencana awal mau buat soto. Tapi kok kurang semangat, karena soto cuman untuk Ataya, saya pingin olahan yang beda dari biasanya biar ayah juga tertarik untuk makan ayam buatan saya.

Saya tertarik dan penasaran dengan ayam goreng mentega. Saya googling beberapa resep dan jatuh hati dengan resep dari blog catatan nina AYAM GORENG MENTEGA, terlihat gurih dan bahannya simpel. Saya mencoba dengan bahan ayam kurang dari seperempat kilo, pingin tau ajah bagaimana hasil akhirnya. Dan hasilnya......gurih, tapi daging ayamnya kurang empuk menurut saya. Kurang tau juga salahnya dimana. Saya juga tidak menggunakan kecap inggris seperti resep aslinya, mungkin juga berpengaruh, saran saya sih mungkin dikasih sedikit gula jadi gurih-gurih sedap. Lain kali harus dicoba lagi, semoga hasilnya lebih maknyusss....

Langsung ke resep aja yuk...


AYAM GORENG MENTEGA
Bahan:
- 1/4 kg ayam, potong kecil-kecil
- 1 sdt garam
- 1/4 sdt merica bubuk
- 2 siung bawang putih, cincang halus atau dihaluskan
- minyak untuk menggoreng

Bahan saus mentega:
- 2 siung bawang putih, cincang halus
- 1 buah bawang bombai, rajang
- 1/4 sdt merica bubuk
- 1/4 sdt gula
- 1 sdm saos tiram
- 2 sdm kecap manis
- 1 sdm minyak goreng
- 3 sdm mentega

Cara membuat:
1. Ayam yang sudah dicuci dan dipotong, dilumuri bawang putih,garam dan merica sekitar 1 jam atau lebih
2. Panaskan minyak goreng dan mentega, tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum, tambahkan saos tiram.
3. Masukkan ayam, aduk hingga rata, tambahkan kecap manis, merica dan gula
4. Aduk hingga saos mentega meresap.
5. Angkat dan siap disajikan selagi hangat.

Selamat mencoba, semoga hasilnya memuaskan...

Wassalamu'alaikum....






Tidak ada komentar:

Posting Komentar