Selasa, 05 Mei 2015

PISANG GORENG suka-suka (saya)...

Assalamu'alaikum...



Semangat bulan mei, niat tulus ikhlas ingin menulis sebanyak-banyaknya. Hari ini hari sabtu, hari pendidikan nasional, hari kedua libur longweekend setelah kemaren libur hari buruh. Menyulut semangat menulis, lupakan sejenak tumpukan setrikaan, nyante yang keterusan....

Saya belum pernah puas membuat pisang goreng yang siiip menurut saya, resep yang saya post ini juga resep suka-suka saya, karena belum resep yang klik. Pisang yang saya digunakan merupakan oleh-oleh dari mbah sewaktu ke Magetan. Kurang tau juga jenis pisang apa, sepertinya sih enak dimakan langsung, berhubung keluarga saya bukan penyuka pisan tanpa diolah, jadi berpikir mau dibuat apa biar tidak dibuang percuma. Kolak n cake, jelas suami kurang suka, coba deh dibuat pisang goreng. Hasilnya lumayan Ataya mau, tapi komentar suami bukan pada rasanya, malah bebtuknya yang menurutnya terlalu besar, harusnya dipotong kecil-kecil. Memang sih saya berniat belajar membuat pisang kipas, jadinya ya satu pisang utuh cuma dibelah2, setelah diselimuti tepung, bentuk kipasnya tidak kelihatan, yang nampak malah gendutnya,hehehe....
Apapun hasilnya, itulah salah satu hasil praktikum saya. Berikut ini resepnya..

PISANG GORENG
Bahan :
- 5 buah pisang, belah tipis mrmbentuk kipas
- 2 sdm mentega cair
- 2 sdm tepung roti
- 5 sdm tepung terigu
- 2 sdm tepung kanji
- 4 sdm gula (selera)
- air secukupnya
- sejumput garam

Cara pembuatan: 
1. Belah buah pisang hingga membentuk kipas
2. Campur semua bahan adonan hingga kekentalan yang diinginkan
3. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga berwarna kecoklatan
4. Pisang goreng siap dinikmati

Menurut saya rasanya lumayan, tapi pisangnya terasa sangat manis, sepertinya bila menggunakan pisang yang untuk pisang goreng akan lebih sip

Selamat mencoba

Wassalamu'alaikum...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar