Jumat, 19 Februari 2016

BOLU KUKUS KARAMEL

Assalamu'alaikum...



Saya mau share bolu kukus karamel yang saya buat kemaren. Anak saya beberapa hari ini nagih kue bunga melulu. Mikir dan buka resep yang sesuai dengan bahan yang ada, simple, dan nggak perlu ngeluarkan mikser...... Pilhan saya jatuh ke resep mbak Ainie dari fp Dapur Artyn Wong Deso (lagi-lagi dari sini, hehehe...)

Resepnya lumayan simple, cmn harus buat karamel dulu, lainya tinggal aduk saja. Hasilnya Alhamdulillah rasanya enak, menul-menul, penampakan juga lumayan, mekar meskipun mekarnya ada yang pecah 3, ada juga yang seperti terbelah 2. Lagi dan lagi mungkin juga karena saya menambahkan telur di resep yang aslinya eggless, hihihi...


BOLU KUKUS KARAMEL

Bahan karamel
- 50gr gula pasir
- 2 sdm susu bubuk
- 2 sdm minyak
- 190ml air panas

Cara membuat
- panaskan gula hingga gosong, tambahkan air panas hingga gula larut, matikan kompor
- tambahkan susu bubuk dan minyak sambil diaduk rata, dinginkan
- sebelum dicampurkan adonan, ditambahn 1 butir telur kocok (tambahan saya sendiri, ngawur, hehehe)

Bahan bolu:
- 125 gr tepung terigu
- 100 gr gula pasir
- 1/2 sdt baking powder
- 1/4 sdt baking soda
- 1/4 sdt vanili

Cara membuat:
1. Campur semua bahan kering
2. Tambahkan larutan karamel sambil diaduk, jangan terlalu lama, sekitar 1 menit
3. Tuang dalam cetakan dilapisi papercup
4. Kukus 15 menit
5. Siap disajikan

Selamat mencoba

Wassalamu'alaikum....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar