Selasa, 29 September 2015

TONGSENG DAGING SAPI, katanya....

Assalamu'alaikum...


Tongseng?hmmmmmmmm...pernah makan atau belum ya? Mungkin pernah tapi nggak nyadar kalau yang dimakan namanya tongseng, bisa juga emang saya belum pernah makan. Sepertinya memang belum pernah, hehehe

Idul adha tahun ini memang membawa berkah, dapat banyak daging sapi berarti saatnya trial errol masakan yang belum pernah dibuat, mumpung dagingnya nggak beli, jadinya nggak nelongso banget kalo gagal.

Saya tertarik dengan resep tongsengnya mbak Endang justtryandtaste.com, karena ada sayurnya, pedas, kelihatan berlemak tapi ternyata nggak pakai santan. Oke resep ini harus dicoba, resep asli dapat dilihat Disini dan hasilnya lumayan enak menurut saya, ada kol dan worten, ada pedesnya juga. Tapi suami saya waktu makan kok ekspresinya datar banget, waktu ditanya sih bilang enak. Mungkin juga karena mulai bosan dengan menu daging untuk hari kesekian. Mumpung ada daging ayah.....hehehehe
Langsung ke resep saja...


TONGSENG DAGING SAPI

Bahan:
- 150g daging sapi (saya rebus dulu 3/4 matang, resep asli pakai daging mentah)
- 2 lembar kol, rajang kasar
- 1 buah wortel kecil, potong dadu (tambahan saya sendiri)
- 1 buah tomat, potong kasar
- 1 batang daun bawang, potong kasar
- 250 ml air

Bumbu halus
- 2 buah cabe merah
- 3 buah cabeh kecil
- 3 siung bawah merah
- 2 siung bawang putih
- 1 cm jahe
- 1/2 sdt merica
- 2 butir kemiri
- minyak untuk menumis

Bahan lainnya
- 2 lembar daun jeruk
-1/2 sdm bumbu dule instan (resep asli pakai bumbu kare bubuk)
- gula
- garam
- 1 batang serai (saya tidak pakai)
- 1 sdm kecap manis

Cara membuat
1. Tumis bumbu halus, daun jeruk hingga harum
2. Masukkan daging, aduk rata
3. Tambahkan air, wortel, bumbu gulai aduk rata
4. Tambahkan kol, gula, garam kecap manis, tomat,daun bawang aduk hingga kuah menyusut dan angkat
5. Tongseng daging sapi siap dinikmati

Selamat mencoba

Wassalamu'alaikum....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar