Kamis, 12 November 2015

DONATELO ala-ala SAYA

Asssalamu'alaikum...


Donatelo, jadi ingat band sepatu yang lumayan kesohor di Malang.... Tapi saya emang lebih familiar dengan sebutan telo daripada ubi untuk jenis umbi yang ini. Saya suka telo, dikukus ajah, digoreng atau diolah yang laen, tapi suka yang sewajarnya, nggak kebangetan, hehehe

Kemaren lusa saya beli telo ini di mlijo, sekilonya 5000. Yang terbayang sih mau digoreng buat cemilan suami. Sudah 2 kali buat telo goreng dan sekali buat bola-bola ubi (ternyata gagal, karena nggak ada yang suka, diresep pakai tepung sagu saya ganti tepung tapioka, disitulah saya saya)
Masih ada telo kukus dikulkas, mikir mau buat donat atau cake ya. Berhubung lagi nggak semangat ribet, buat donat aja deh lebih simpel. Baca-baca beberapa resep donat telo, awalnya mau coba resep donat dari blog mbak diah didi. Ntah kenapa pas sudah mau eksekusi kok jadi kurang sreg, karena telonya sedikit. Jadilah saya modifikasi sendiri. alhamdulillah hasilnya enak, ataya suka.....

Berikut resepnya


DONAT TELO

bahan:
- 100 gr ubi kukus, haluskan
- 6 sdm tepung terigu (saya pake segitiga biru)
- 2 sdm gula pasir
- 1 sdm susu bubuk
- 1 btr telur
- 3/4 sdt fermipan
- 1/4 sdt baking powder
- 1 sdt air es ( bisa nggak pake, udah terlanjur disiapkan, hehehehe)
- 1 sdm mentega
- minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
1. Campur tepung terigu, gula pasir, fermipan, baking powder
2. Tambahkan ubi, campur rata
3. Tambahkan telur kocok dan air es
4. Tembahkan mentega, uleni hingga rata
5. Diamkan, ditutup serbet satu jam
6. Bentuk bulat dan beri lubang tengah, goreng di minyak panas, apik agak kecil

Selamat mencoba

Wassalamu'alaikum...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar