Selasa, 03 November 2015

DONAT MAIZENA, tak pernah bosan mencoba resep donat..

Assalamu'alaikum...


Ini merupakan resep donat kesekian kali yang saya coba, seneng mencoba resep baru karena belum menemukan teste yang benar-benar membuat lidah saya puas. Resep-resep yang saya coba kebanyakan mendapat komentar puas dari ibu-ibu lain. Waaaah,,mungkin saya yang kurang hoki jadi hasil praktikum saya kurang sip.

Resep ini saya ambil dari grup fb langsung enak, postingan Bunda Nana. Saya mencoba setengah resep, hasilnya mengembang, lembut, tapi bau raginya terlalu meyengat bagi saya. Mungkin takaran raginya kurang pas alias kebanyakan, mungkin juga karena merendam ragi dengan larutan gulanya terlalu lama. Harusnya 30 menit, eh lha kok saya rendam 1 jam, salah baca resep, huhuhuhu....

Okey, langsung ke resep saja ya...


DONAT MAIZENA

Bahan:
- 1 btr telur
- 250 gt tepung terigu
- 1/2 sdm fermipan
- 2 1/2 sdm gula pasir
- 100 ml air hangat
-  1 sdm mentega
- 2 1/2 sdm maizena
- 2 1/2 sdm susu bubuk
- minyak untuk menggoreng
- gula halus untuk taburan

Cara membuat:
1. Larutkan gula dengan air hangat, masukkan fermipan, tutup, biarkan 30 menit
2. Campur semua bahan kecuali larutan fermipan dan mentega, uleni
3. Masukkan larutan fermipan, uleni hingga rata
4. Masukkan mentega, uleni hingga kalis
5. Diamkan dalam wadah tertutup serbet selama 1 jam
6. Kempiskan adonan, bagi dalam bentuk bulatan kecil, diamkan kembali dalam wadah tertutup serbet selama 30 menit
7. Ambil satu bulatan adonan, lubangi tengahnya, goreng dalam minyak panas, lakukan hingga adonan habis
8. Jika sudah agak dingin, donat siap diberi topping sesuai selera

Selamat mencoba...
Wassalamu'alaikum....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar