Minggu, 15 Maret 2015

PANCAKE ala JTT

Assalamu'alaikum....

waaaaaah....update blog pertama nih. sebernarnya sudah lumayan banyak foto masakan hasil praktikum saya di dapur, tapi kebanyakan alasan mau nulis blognya, nggak sempatlah, laptopnya dipakai ataya,de el el...kenapa juga ya baru kepikiran update pake hape, meski hape juga rebutan sama anak,tp lumayanlah ketika ada waktu bisa lgsg ketik sambil tiduran.



resep yang pertama ingin saya upload yakni pancake. pancake sebenarnya tidak familiar bagi saya. belum pernah membuat ataupun membeli sebelumnya.saya tertarik mencoba membuatnya karena bahan sederhana plus cukup menggunakan teflon,pdhl sayapun belum punya, adanya griil pan kecil.

resep ini saya contek dari web justtryandtry.com, cara membuatnya mudah hanya aduk-aduk saja, tdk terlalu kental ataupun encer,dan hasilnya......suami dan anak saya suka, Alhamdulillah,,,,,,,hehehehe
ini resepnya :



PANCAKE ala JTT

Untuk 5 buah pancake diameter 10 cm

Bahan:
- 110 gram tepung terigu serba guna
- 1 1/4 sendok teh baking powder 
- 1 1/2 sendok makan gula pasir
- 1/4 sendok teh garam
- 1 butir telur ayam ukuran besar, kocok lepas
- 135 ml susu cair (saya gunakan susu bubuk yang dicairkan)
- 2 sendok makan mentega atau 40 gram, cairkan dan dinginkan
- 2 sendok teh air jeruk nipis

Cara membuat:
1.       Peras jeruk nipis dan larutkan dalam susu cair,  diamkan selama 5 menit agar susu menjadi asam. Fungsinya sebagai pengganti buttermilk, untuk membuat tekstur pancake menjadi lembut dan empuk.
2.      Dalam mangkuk terpisah aduk bahan kering: tepung terigu, garam, baking powder dan gula.
3.      Siapkan mangkuk ukuran sedang, masukkan mentega, telur kocok dan susu. Aduk semua bahan hingga tercampur rata. 
4.      Tambahkan tepung terigu ke dalam kocokan telur dan susu, aduk ringan dan sebentar saja dengan spatula hingga semua bahan basah dan tercampur.
5.      Siapkan wajan teflon atau grill pan , oleskan sedikit mentega. Tuangkan satu sendok sayur adonan ke atasnya. Tunggu hingga keluar gelembung-gelembung kecil di permukaan adonan, anda boleh mengintipnya untuk melihat apakah dasarnya telah kecoklatan.
6.      Balik adonan untuk memasak sisi sebelahnya,  jangan di tekan, biarkan pancake matang. Jika telah kecoklatan, angkat. Lakukan hingga semua adonan habis.
7.      Pancake siap disajikan dengan topping sesuai selera, saya sering menggunakan susu kental manis dan keju. Hmmmmmmm….so yummy….

kalau kurang yakin, resep asli bisa dilihat disini ya.....


semoga bermanfaat,,, meskipun resep nyontek, tapi itu poto asli hasil praktikum saya lho....hehehe ^.^

Wassalamu'alaikum.....

1 komentar:

  1. hihihihihihi.....artikelnya kok beda warna n jenis tulisan, ketahuan banget bloggernya masih amatir....gpp deh yang penting berani mencoba, semoga postingan selanjutnya lebih rapi dan sip....semangat buat saya.....:))

    BalasHapus