Rabu, 25 Maret 2015

CAKE BAYAM,,,,,,,Hijaunya ASLI,,,,

Assalamu’alaikum…..


Cake merupakan makanan yang paling banyak saya praktikumkan, tentunya saya tertarik dengan cake berbahan uniq, dan kali ini saya tertarik dengan cake bayam dari mbak Endang JTT. Cake ini teksturnya lembut, warnanya hijau alami dari daun bayam, tapi baunya seperti ada bau khas dau, padahal saya sudah menggunakan vanili (biasanya jarang pakai).
Resep aslinya, cake ini dipanggang, lagi-lagi karena tidak punya oven, saya buat versi kukusnya, setengah resep pula. Alhamdulillah hasilnya lumayan memuaskan. Saya juga sudah mencoba menggunakan daun sawi, hasilnya miriiiiiiip. Tunggu di postingan selanjutnya ya,,,,,


Ini dia resep cake bayam JTT, resep asli dapat diliat disini

CAKE BAYAM
Bahan: 
- 100 gram daun bayam (ambil daun dan pucuk muda, buang batangnya)
 - 90 ml minyak goreng
- 1/2 sendok teh vanili bubuk
- 125 gram gula pasir
- 2 butir telur ayam
- 1 sendok makan air jeruk lemon
- 120 gram tepung terigu serba guna (misal Segitiga Biru atau Kunci Biru)
- 2 sendok teh baking powder
- 1/2 sendok teh garam


Cara Membuat
1.     Blender daun bayam dengan minyak goreng, beri jeruk nipis, sisihkan
2.    Mixer telur dan gula pasir hingga mengembang
3.    Tambahkan campuran tepung terigu, garam dan baking powder, aduk dengan whish
4.    Tambahkan daun bayam yang telah d blender
5.    Tuang dalam Loyang yang telah dioles mentega dan ditaburi tepung terigu (saya menngunakan loyang bulat diameter 18 cm)
6.    Kukus pada dandang yang telah dipanaskan dan alasi tutupnya menggunakan serbet selama 30 menit
7.    Setelah matang, dinginkan beberapa saat sebelum cake dikeluarkan dari Loyang
8.    Cake siap diiris dan dinikmati

Selamat mencoba,,,

Wassalamu’alaikum,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar